Guru adalah Pekerjaan Mulia

Standar
Guru adalah Pekerjaan Mulia

Guru adalah Pekerjaan Mulia

Oleh: Ulinnuha (115-14-065)

Guru adalah orang yang memiliki kemampuan dan keahlian khusus dalam bidang keguruan sehingga ia mampu melakukan tugas dan fungsinya dengan kemampuan maksimal. Profesi guru khususnya di Indonesia, banyak guru yang masih berstatus guru honorer atau Guru Tidak Tetap (GTT). Guru honorer kondisinya sangat memprihatinkan, gaji yang diterima setiap bulan kurang lebih Rp. 300.000−Rp. 500.000. Gaji tersebut tentu tidak mencukupi untuk kehidupan sehari-hari. Apalagi bagi guru yang sudah berkeluarga.

Kondisi guru honorer diperparah dengan pengeluaran di dalam kelas. Maksudnya pengeluaran untuk memfasilitasi para siswa, seperti alat tulis, materi, bahan untuk praktek dan lain-lain. Lain halnya dengan guru yang berstatus PNS atau Guru Tetap yang telah diangkat oleh pemerintah dan memiliki gaji yang tetap setiap bulan.

Guru PNS disebar ke berbagai daerah untuk memenuhi kebutuhan tenaga pengajar yang belum merata. Beruntung bagi guru yang ditempatkan didaerah yang telah maju dan berkembang, dengan fasilitas yang memadai. Berbeda dengan guru yang ditugaskan didaerah yang tepencil, pedalaman atau daerah perbatasan, para guru akan bekerja lebih keras karena berbagai fasilitas yang tidak memadai.

Bagaimanapun kondisi seorang guru dan dimanapun guru ditugaskan di suatu daerah, semua guru mempunyai tugas dan tanggung jawab yang sama. Tugas dan tanggung jawab seorang guru adalah mendidik, melatih, dan membina kecerdasan yang ada didalam diri setiap anak didiknya. Kecerdasan ini harus dikembangakan agar anak didik dapat tumbuh menjadi manusia yang cerdas dan siap menghadapi tantangan di masa depan. Seorang guru juga mempunyai tugas untuk membina moral dan akhlak anak didiknya.

Dalam menjalankan tugas dan tanggung jawab tersebur, seorang guru mengorbankan waktu, tenaga, dan materi demi menyampaikan, menyalurkan ilmu yang bermanfaat untuk anak didiknya. Jika seorang guru menjalankan tugasnya dengan tulus, ikhlas, sabar, dan sungguh-sungguh, maka pengorbanan tersebut tidak akan terasa. Guru akan merasa puas dan bangga jika ia telah menyampaikan ilmu yang berguna bagi anak didiknya kelak.

Guru adalah pekerjaan yang mulia. Seorang anak yang tidak tahu apa-apa, dengan adanya guru, anak tersebut dapat memahami dan mengenal dunia. Guru juga seorang pahlawan. Dari seorang guru lahirlah presiden, menteri, wakil rakyat, pengusaha, tokoh masyarakat dan lain sebagainya.

Perjuangan, pengorbanan, tugas dan tanggung jawab seorang guru yang tidak ringan, namun sangat mulia dan penting, demi masa depan anak didik yang cerdas dan berakhlak mulia. Jasa seorang guru sangat besar dan kita tidak akan mampu untuk membalas semua jasa-jasanya. Guru adalah pahlawan sepanjang masa.

Satu tanggapan »

Tinggalkan komentar